Contoh hasil batik fractal (pxlpplproject.)

Jakarta – Cara membuat batik kini bisa dipelajari dengan lebih mudah dengan metode batik fractal. Yaitu, membuat batik dengan bantuan sebuah software khusus dalam pembuatan motif batik-batik tradisional Indonesia.

Software unik ini bernama JBatik. Huruf ‘J’ disitu diambil dari kata ‘Java’, karena software ini dikembangkan diatas platform Java. Pembuatnya adalah grup asal Bandung, Pixel People Project.

JBatik memenangkan Unesco 2008 Award of Excellence sebagai ‘Stamp of Approval’ yang menjamin produk mereka memiliki kualitas tertinggi pada level internasional dan berpotensi besar untuk masuk pasar dunia. Sebelumnya, software ini lebih dulu berprestasi di dalam negeri dengan menyabet penghargaan di ajang Indonesia ICT Award 2008 dalam ketagori E-Tourism and E-Culture.

Nancy Margried, salah satu anggota Pixel People Project mengatakan, sejumlah hambatan harus mereka tempuh sebelum menyelesaikan software ini. Kesulitan utama adalah bagaimana menyambungkan rumus-rumus matematika dengan seni desain di sebuah software. “Makanya untuk membuat software ini harus mengerti seni, sains dan teknologi,” tukasnya kepada detikINET, dalam perbincangan via telepon genggam.

Penasaran mau menjajal software ini? Tak perlu khawatir, sebab software ini bisa di-download secara gratis di situs mereka yang beralamat di www.pxlpplproject.com. “Ukurannya sekitar 1 Mb, tapi kalau sama source code-nya sekitar 10 Mb.” pungkas Nancy.

Sumber: Ardhi Suryadhi – detikinet